Minggu, 24 Januari 2010

SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Bernapas merupakan upaya makhluk hidup untuk memasukkan gas oksigen ke dalam tubuh dan mengeluarkan gas karbondioksida (udara sisa pembakaran) ke luar tubuh. Di dalam tubuh, oksigen tersebut akan digunakan untuk membakar zat makanan untuk menghasilkan energy. Peristiwa pembakaran zat makanan di dalam tubuh dengan menggunakan oksigen disebut oksidasi biologi atau pernapasan aerob.

Kadang orang menganggap pernapasan sama dengan respirasi. Bernapas adalah proses pertukaran gas antara makhluk hidup dengan lingkungannya, sedangkan respirasi adalah proses penggunaan oksigen dalam pembakaran makanan untuk menghasilkan energi.


A. ALAT PERNAPASAN

1. HIDUNG

Hidung merupakan alat pertama yang dilalui udara dari luar. Di dalam rongga hidung terdapat rambut dan selaput lender. Rambut dan selaput lender berguna untuk menyaring udara, mengatur suhu udara yang masuk agar sesuai dengan suhu tubuh, dan mengatur kelembaban udara.

2. PANGKAL TENGGOROKAN (LARING)

Pada laring terdapat katup yang disebut epiglotis. Ketika bernapas epiglotis terbuka dan anak tekak melipat ke bawah bertemu dengan epiglotis, udara akan masuk. Ketika menelan, epiglotis menutup pangkal tenggorokan dan makanan masuk kerongkongan (esofagus). Laring terdiri atas dua keping tulang rawan yang membentuk jakun.

3. BATANG TENGGOROKAN (TRAKEA)

Merupakan pipa yang terdiri dari gelang-gelang tulang rawan. Panjangnya 10 cm,dinding dalam dilapisi selaput lendir yang sel-selnya berambut getar berfungsi untuk menolak debu atau benda asing yang masuk bersama udara.

4. CABANG BATANG TENGGOROKAN (BRONKUS)

Bronkus sebelah kanan bercabang menjadi tiga bronkeolus, sedangkan sebelah kiri menjadi dua bronkeolus.

5. PARU-PARU

Merupakan kumpulan gelembung alveolus. Paru-paru dibedakan menjadi dua bagian, yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan mempunyai tiga gelambir sedangkan paru-paru kiri mempunyai dua gelambir.


B. PROSES PERNAPASAN

Proses pernapasan terdiri dari dua kegiatan , yaitu menghirup udara (inspirasi) dan menghembuskan udara (ekspirasi). Berdasarkan bagian tubuh yang mengatur kembang kempisnya paru-paru, pernapasan dibedakan menjadi:

1. Pernapasan Dada

Pernapasan dada terjadi kerena gerakan otot-otot antar tulang rusuk. Jika otot antar tulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk naik, volume rongga dada membesar, udara luar masuk ke dalam paru-paru (inspirasi). Otot-otot antar tulang rusuk relaksasi, tulang rusuk turun, tekanan udara di dalam paru-paru tinggi sehingga udara keluar (ekspirasi).

2. Pernapasan Perut

Pernapasan perut terjadi akibat gerakan diafragma.


video

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar